APLIKASI
TEKNOLOGI KOMUNIKASI INTERAKTIF
SEBAGAI
PENUNJANG
ENTERPRENEURSHIF
(KEWIRAUSAAN)
Aplikasi: pengunaan atau penerapan
Teknologi: Menurut
Ellul dalam Miarso (2007 : 131), adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi
dalam setiap bidang kegiatan manusia.
Komunikasi: Saling
berbagi informasi, gagasan, atau sikap (Wilbur Schramm).
Interaktif: Bersifat
saling melakukan aksi; antar-hubungan; saling-aktif. (KBBI edisi kedua).
Jadi
aplikasi teknologi komunikasi interaktif dapat disimpulkan dari beberapa
definisi tersebut yaitu
Penggunaan atau penerapan keseluruhan metode yang
secara rasional mengarah dan memiliki cirri efisiensi dalam setiap bidang
kegiatan manusia, teknologi komunikasi yang berfungsi sebagai pemberi informasi
dan gagasan, bersifat saling mempengaruhi manusia yang satu dengan yang lain.
Aplikasi teknologi komunikasi interaktif penunjang
enterpreneurship sekarang ini semakin banyak dilakukan oleh masyarakat yang
kesusahan atau “melek teknologi”
Teknologi pada dasarnya dibuat untuk
membantu meringankan aktivitas (pekerjaan) manusia dalam kehidupannya karena
itu manusia yang melihat kesempatan ini mereka lalu membuat atau mengembangkan
usahanya melalui teknologi internet seperti social media (blog, facebook,
twitter, yahoo, emaill dll).
Dalam media baru, terjadi interaksi
secara personal (interaktif).
Terjadi institusionalisasi yang menciptakan suatu perusahaan
dalam memproduksi suatu produk.
Terjadilah kegiatan ekonomi di dunia
internet yang melibatkan produksi-distribusi-konsumsi
Proses produksi: Tidak terjadi di
dunia internet. Tetapi, produsen bisa tau berapa banyak pemesanan produk dengan
cara mendata dahulu siapa dan barang apa yang akan dipesan (pre-order)
dan produsen dapat memproduksi barang pesanan dalam jumlah yang sudah
diketahui.
Proses distribusi: Terjadi di dunia internet yang melibatkan
produsen dan konsumen. Peluang pendistribusian dengan menggunakan internet yang
berbentuk media massa akan lebih mudah disebar luaskan dengan berprinsip
pada one to many.
Proses konsumsi: Orang yang menerima informasi suatu
produk dari produsen dengan iklannya bila minat akan memungkinkan transaksi
jual beli
Dalam kekuatan teknologi Penunjang kegiatan usaha di
Internet Teknologi sangat membantu dalam kegiatan ekonomi.
Teknologi komunikasi interaktif yang ada di internet (ex:
social media) dapat mempertemukan produsen dan konsumen dengan lebih efektif
dalam hal waktu.
Teknologi komunikasi interaktif
membantu produsen dalam hal biaya produksi menjadi lebih ringan. Sedangkan
untuk konsumen membuat harga produk lebih murah dikarenakan produk tersebut
tidak terkena pajak seperti produk yang dijual di toko-toko atau mall-mall.
technopreneurship merupakan proses
dalam pembentukan usaha baru yang melibatkan teknologi sebagai basisnya.yang
memiliki karakter inovatif dan kreatif
Dalam buku
yang berjudul “Wikinomics.
mengatakan tentang pengertian wikinomics, yaitu cara baru untuk berinteraksi
yang sesuai di dunia digital dengan membangunnya di dalam software dan
memungkinkan kolaborasi. Contoh : Wikipedia
Expert Sphere (Arnold Pacey).Sangat spesifik manfaat
yang dapat dicari (misalnya : Kontrol terhadap kegiatan ekonomi di dunia maya).
Ethichs and values
Nilai-nilai
dominan. Teknis dan keahlian;
membantu user sphare Discovery and invention.
User
Sphere (Arnold Pacey).Standar hidup yang lebih baik dengan membangun atau mengembangkan
usahanya di dunia internet. Creativity
Nilai-nilai
dominan. Untuk kesejahteraan keluarganya dilihat dari ekonomi. Awareness
Halfway Technology
Manusia akan terus dan terus memperbarui teknologi.( Menurut Arnold Pacey)
Begitu juga teknologi komunikasi
interaktif sebagai penunjang kegiatan
usaha di internet yang akan terus dikembangkan lebih modern dan canggih sesuai
imajinasi dari manusia itu sendiri yang akan diciptakan dimasa yang akan datang
atas buah pemikiran dimasa dahulu dan sekarang untuk memperkembangkan
usahanya dalam berwirausaha.
Konsumen memilih
sendiri barang apa yang dia inginkan dari toko online yang menyediakan produk
tersebut.
Produsen menyediakan
produk atas permintaan konsumer-nya. Lalu produk tersebut dikirim kepada
konsumen.
Industri/perusahaan
yang membuat produksi (sender)
Produk yang ditawarkan (message)
Media
Internet (social media->mass media).(channel)
Konsumen yang
menerima informasi dari sender.(receiver)
Konsumen mengirim
feedback kepada sender dan memungkinkan proses kegiatan ekonomi.(effect)
Meskipun sebagian dari kita
juga tahu tak semua yang berbau dengan Teknologi ini selalu positif. Jika bisa
dimanfaatkan dengan baik maka akan menjadi berguna, dan begitu juga sebaliknya
jika digunakan untuk tindakan negatif maka hasilnyapun negatif.
Salah satu peran dari
teknologi saat ini bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kita dalam
berwirausaha atau bisnis bagi sebuah perusahaan. Bahkan, di era sekarang,
perusahaan yang ingin maju harus mampu mengadopsi teknologi terkini untuk
mengembangkan bisnisnya. Kalau tidak, bisa jadi, perusahaan ini akan kewalahan
dalam menghadapi kompetisi dan melayani pelanggannya yang sudah makin melek
teknologi tersebut.dengan dunia modern yang serba canggih ini orang yang
berwirausaha tidak susah-susah lagi untuk membanggun tokoh-tokoh yang penting
kreatif dan inovatis dalam mengembangkan usaha nya
Dalam hal ini, membuat sebuah website atau
mengembangkan toko online bisa membuat usaha kita lebih dikenal. Personal
branding melalui penamaan alamat website bisa menjadi contoh. Pada kenyataannya
saat ini telinga kita akan lebih peka jika mendengar nama sebuah brand melalui
websitenya. Kesan modern dan mengikuti perkembangan dunia digital tersebutlah
yang akan membuat usaha kita nampak lebih professional.
Faktor lain yang tak kalah penting adalah
tampilan dari toko online usaha kita. Tidak hanya produk atau jasa yang Anda
tawarkan, jika toko online Anda terkesan asal-asalan tentu para pelanggan
enggan untuk mempercayai bisnis Anda. Namun itu tidak lagi menjadi masalah,
saat ini sudah sangat banyak tutorial cara membuat toko online yang baik dan
efektif sebagai media usaha Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar